Wilujeng sumping di Blog SMPN 1 Ciniru sebagai ajang silaturahmi sekolah mengharapkan komen dan srannya serta jhoin this site

Minggu, 28 November 2010

JARINGAN KOMPUTER

Memahami Konsep Computer Network
Computer Network adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam sebuah sistim jaringan kerja baik menggunakan kabel ataupun nirkabel yang bertujuan untuk pemakaian bersama sumber-sumber daya baik fisik maupun logic yang terhubung didalamnya.
Pada saat kita membicarakan komputer, maka lepaslah dari pemikiran kita bahawa komputer hanya berupa PC atau Laptop semata. Ingat bahwa TIK menggabungkan dua teknologi terkini yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dan pada saat ini teknologi komputer sudah masuk ke berbagai komponen termasuk komponen rumah tangga sederhana sekalipun.
Ingat, pada saat kita memegang sebuah Handphone pada dasarnya kita sedang menggenggam komputer. Pada era sebelum tahun 1980, orang menggunakan alat komunikasi telepon yang hanya untuk berbicara saja. Tetapi saat ini, dengan handphone anda bukan hanya sekedar dapat bicara saja tetapi juga dapat mencari informasi dengan internet dan dapat menjalankan banyak program aplikasi seperti layaknya anda sedang memegang sebuah PC.
Nah pada sebuah jaringan komputer, yang terhubung di dalamnya dapat berbagai macam bentuk komputer bail PC, Laptop, Palmtop bahkan handphone atau peralatan lainnyapun dapat terkoneksi ke sana. Di dalam sebuah jaringan komputer dapat juga terdiri dari jaringan-jaringan komputer berskala kecil yang terhubung di dalamnya membentuk sebuah jaringan berskala besar.
Disini disebut sebagai sebuah sistim kerja, ingat sebuah sistim merupakan penggabungan beberapa unit komponen kerja lain yang saling menunjang untuk mendapatkan sebuah hasil yang merupakan tujuan bersama. Sebagai contoh dalam sebuah sistim pembelajaran sebuah sekolah, didalamnya terdapat beberapa unit kerja yaitu guru, siswa, tata usaha, karyawan, yang semua memiliki tujuan bersama yaitu menghasilkan output berupa siswa terdidik.
Begitu juga didalam sebuah jaringan komputer, didalamnya terdapat beberapa unit yang saling menunjang baik secara fisik maupun logic. Secara fisik contohnya adalah komputer, printer, scanner dll sedangkan secara logic adalah program-program dan data-data.
Semua sumber daya yang terhubung di dalamnya dapat di pergunakan secara bersama oleh siapapun yang terhubung didalamnya tentunya dengan sistim pengaturan yang disepakati bersama-sama pula agar dapat saling menguntungkan. Sebagai contoh, sebuah printer yang terhubung di dalamnya dapat dipergunakan secara bersama-sama oleh komputer manapun yang akan melakukan pencetakan. Contoh lainnya adalah sebuah data yang tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer yang terhubung juga dapat di gunakan oleh siapapun yang memerlukannya. Bayangkan di internet, sebuah game yang entah berada di komputer server yang letaknya dimana dapat kalian mainkan secara online di komputer kalian atau kalian memerlukan sebuah informasi dapat mengambilnya di internet. Hal-hal tersebut dapat dengan mudah kalian lakukan tanpa harus mengetahui berada di mana informasi tersebut tersimpan.
Apa keuntungan computer network?
Kalian tentunya senang jika komputer kalian terhubung ke internet. Dan beribu-ribu bahkan berjuta-juta orang lain berusaha untuk selalu dapat terhubung dengan internet. Ini membuktikan bahwa sebuah jaringan global dunia yang bernama internet sangat diminati banyak orang. Sudah pasti banyak keuntungan yang diperoleh disana yang menjadi magnet bagi setiap orang. Apa saja keuntungan yang didapat dengan jaringan komputer? Banyak. Tetapi secara umum dapat disimpulkan yaitu;
1. Informasi Up to Date
2. Efisien
3. Biaya murah
1. Informasi Up to Date
Kalian mungkin melihat ayah kalian yang setiap hari berlangganan koran, untuk apa? Manusia selalu haus akan informasi, itulah sebabnya ayah kalian selalu membaca koran, menonton berita di televisi, mendengarkan berita di radio untuk memperoleh informasi terbaru sebanyak mungkin. Itulah yang terjadi di internet. Siapa saja dengan murah hati menguploadkan informasi ke internet dan dapa di akses oleh siapa saya yang memerlukannya. Ada situs berita dari berbagai media cetak ataupun elektronik, ada situs pemerintahan yang menginformasikan tentang berbagai hal, ada situs pendidikan dan ilmu pengetahuan, ada situs kesehatan, kecantikan, rumah tangga, remaja dan sebagainya yang informasinya selalu bertambah setiap hari. Itulah gambaran sumber daya dari sebuah jaringan komputer yang sangat besar yaitu internet, yang informasinya selalu up to date.
Bagaimana pada jaringan komputer skala kecil? Sebagai contoh di sekolah dimana lab komputer terhubung dengan komputer di ruang tata usaha, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang UKS, ruang perpustakaan dll. Pada saat siswa baru masuk maka datanya akan ditambahkan di ruang tata usaha, maka informasinya akan langsung dapat diperoleh di ruang guru atau ruang lainnya yang memerlukan. Pada saat bapak dan ibu guru melakukan penilaian terhadap siswa dan data nilainya dimasukkan di komputer yang berada di ruang guru, maka data nilai tersebut dapat di akases oleh siapa saja yang memerlukannya. Hal-hal di atas menggambarkan betapa data dapat terus diperbaharui dari komputer mana saja yang terhubung dalam sebuah jaringan. Sehingga informasinya selalu terperbaharui, selalu up to date.
2. Efisien
Dengan terhubung dalam jaringan, banyak hal yang dapat di mudahkan serta jarak tempuh dan waktu yang dipergunakan dapat lebih efisien.
Pada saat seseorang membutuhkan informasi tentang layanan pajak dapat melihatnya di situs internet, tanpa harus datang langsung ke kantor pajak. Pada saat seseorang harus membayar telepon atau listrik dapat langsung menggunakan layanan internet banking yang ada di internet tanpa harus datang dan mengantri ke loket-loket pembayaran. Dua contoh di atas hanya sedikit saja peristiwa yang dapat digambarkan dengan begitu banyaknya keuntungan-keuntungan yang terdapat di jaringan internet. Disana terlihat betapa kemudahan didapatkan, tidak harus menempuh jarak jauh tetapi cukup dilakukan di rumah dan tanpa harus menggunakan waktu yang banyak untuk menuju ke suatu tempat dan mengantri berlama-lama.
Begitu pula pada sebuah sekolah seperti yang digambarkan di atas, seorang guru yang ingin mendapatkan informasi siswa baru dapat mengakses langsung dari komputer di ruang guru tanpa harus bejalan menuju ruang tata usaha. Bapak kepala sekolah tidak perlu datang bertanya-tanya ke ruang guru tentang perkembangan nilai siswa tetapi cukup menggunakan komputer di ruang beliau.
Begitulah beberapa gambaran yang didapat pada sebuah jaringan, mudah dan efisien dari segi jarak dan waktu.
3. Biaya murah
Apabila dalam sebuah jaringan komputer lokal (Local Area Network) terdiri dari sepuluh komputer dalam satu ruangan, tidak harus menyelenggarakan sepuluh printer jika semua harus melakukan pencetakan. Cukup dengan sebuah printer saja yang kemudian digabungkan ke jaringan maka kesepuluh komputer tersebut dapat melakukan pencetakan ke tempat yang sama.
Juga apabila dalam sebuah jaringan terdapat komputer dengan spesifikasi rendah menggunakan harddisk kecil sehingga untuk melakukan penyimpanan data sudah kehabisan tempat, maka data tersebut dapat di simpan di komputer lain yang masih memiliki ruang hardisk yang cukup. Sehingga tidak harus membuang kom puter tersebut dang mengeluarkan biaya besar untuk membeli komputer baru yang bagus.
Begitu juga dengan scanner yang dapat saja dihubungkan ke jaringan dan dipakai bersama-sama. Terlihat bukan? Dengan menggunakan sistim jaringan dapat meminimalkan pembiayaan.
Topologi Jaringan
Secara sederhana topologi jaringan diartikan sebagai tehnik menghubungkan komputer satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu;
Topologi di atas paling sederhana dan lebih mudah mengembangkannya. Karena bentuknya berderet seberti bangku bis, maka topologi di atas dikenal dengan topologi BUS. Topologi ini menggunakan kabel tunggal dimana workstation dan server bergabung. Pengiriman datanya cenderung lebih lambat dibandingkan dengan topologi lainnya dan sering terjadi tabrakan data (collision) saat pengiriman. Apabila terjadi gangguan terhadap kabel pusat jaringan maka seluruh kerja jaringan akan terganggu.
Dalam topologi RING ini semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk pola lingkaran atau cicin (ring). Keunggulannya dibandingkan topologi bus adalah tidak terjadi collusion atau tabrakan data dan kecepatannya lebih baik. Apabila terjadi gangguan pada satu simpul atau node, maka seluruh jaringan akan terganggu.
Topologi di atas bentuknya seperti bintang (star). Masing-masing workstation dihubungkan langsung ke server atau ke sebuah hub (switch) dengan sebuah kabel tersendiri. Kerja jaringan sangat cepat jika dibandingkan dua topologi sebelumnya. Apabila terjadi gangguan pada sebuah kabel workstation tidak akan mengganggu jalur jaringan lainnya. Pembentukan model jaringan ini relatif lebih mahal dibandingkan dua topologi sebelumnya.
Tipe jaringan
Tipe pertama adalah jaringan Client – Server. Di sini komputer server bertindak sebagai pusat pengaturan dari seluruh workstation/clien yang terhubung di dalamnya. Server pada jaringan ini disebut sebagai Dedicated Server karena murni bertindak sebagai penyedia berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh workstation. Server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Karena tugas sentralnya yang berat, maka untuk server dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi, lebih tinggi dari workstation. Selain itu juga diperlukan sistim operasi kusus untuk jaringan.
Tipe kedua adalah jaringan peer to peer. Server pada tipe jaringan ini adalah non dedicate server. Karena tidak berperan sebagai server murni melain juga bertindak sebagai workstation.
Biaya penyelenggaraan jaringan tipe peer to peer lebih murah dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah tidak membutuhkan pengadaan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk server. Selain itu juga tidak membutuhkan sistim operasi khusus untuk jaringan.
Klasifikasi Jaringan
Secara umum pengelompokan jaringan ditentukan dari area atau daya jangkau jaringan tersebut yaitu;
1. LAN (Local Area Network)
2. MAN (Metropolitan Area Network)
3. WAN (Wide Area Netwotk)
4. Internet
Local Area Network (LAN)
¡ Beroperasi pada area yang terbatas
¡ Koneksi peralatan berdekatan
¡ Menyediakan fulltime konektifitas
¡ Kendali jaringan dibawah administratsi lokal
¡ Contohnya: jaringan dalam satu ruangan, satu gedung.
Metropolitan Area Network (MAN)
¡ meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi.
¡ Menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar
¡ Sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya
Wide Area Netwotk (WAN)
¡ Beroprasi pada area geografi yang luas
¡ Terdiri dari beberapa jaringan lokal area beberapa daerah yang saling dihubungkan
¡ Hubungan antar LAN menggunakan teknologi serial
¡ Peralatan jaringan tersebar pada area yang luas
Internet
¡ Merupakan jaringan juga
¡ gabungan dari jaringan – jaringan kecil yang ada di dunia yang bergabung menjadi satu jaringan yang besar di dunia.
¡ Dengan policy yang sama memungkinkan beberapa sistem operasi bisa saling berkomunikasi
¡ Sering disebut sebagai Cyber Space yang merupakan sebuah jaringan super besar tanpa batas yang disusun oleh server-server berkekuatan tinggi yang bertindak sebagai node yang membentuk sebuah tulang punggung (back bone) jaringan yang dapat di akses oleh siapa saja di seluruh dunia.
Media Transmisi Data
Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaan data.
Pilihan media transmisi (pengirim) untuk keperluan komunikasi data tergantung pada beberapa faktor, seperti harga, performance jaringan yang dikehendaki, ada atau tidaknya medium tersebut. Bentuk contoh dari media transmisi adalah sebagai berikut :
a.Kabel Utp ( Unshielded Twisted Pair)
Kabel utp terdiri atas sepasang konduktor kawat termbaga dengan laposan insulator yang dililitkan antara satu sama lain. Lilitan itu dibuat untuk mengurangi gangguan radiasi gelombang elekromagnetis. Secara umum, semakin banyak lilitan persatuan panjang (misal; 10 lilitan per inci), maka semakin baik pula kemampian transisi dari kabel ini. Kabel ini memiliki lapisan pelindung paling luar (outer jacket) yang terbuat dari bahan plastik (Sheresh b, 1999).. Kabel Koaksial (Coaxcial Cable)
Pada jenis kabel ini, kabel utama yang terbuat dari tembaga akan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain dan diantara keduanya terdapat isolasi. Kabel ini jauh lebih mahal dibandingkan kabel twisted pair tetapi kualitasnya juga jauh lebih baik.
c. Gelombang Mikro (Microwave)
Untuk komunikasi data melalui gelombang elektromagnetik (udara) yang paling banyak digunakan adalah dengan microwave. Kedua media sebelumnya mempunyai kesukaran karena bentuk fisiknya, microwave dapat mengatasi masalah ini, media ini juga mempunyai lebar band dan kecepatan cukup tinggi.
d. Kabel serat optic
Kabel serat optik merupakan kabel yang paling muktahir yang ada pada saat ini, memiliki kinerja yang sangat baik dengan kosekuensi harga yang paling mahal dengan kabel jenis lainnya. Kabel ini terbuat dari bahan serat kaca tipis atau filamen plastik, kurang lebih selembar rambut manusia dan dilindungi oleh bantalan plastik tebal dan selumbung plastik luar.
e. cahaya
Media transmisi data yang satu ini baru tahap penelitian para ahli. Sudah banyak hasil yang didapat dari temuan-temuan tersebut, namun belum dipublikasikan. Kita bisa bayangkan apabila kelak menjadi kenyataan, betapa hebat kecepatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu comentnya..khusus buat para alumni dan buat semuanya