Wilujeng sumping di Blog SMPN 1 Ciniru sebagai ajang silaturahmi sekolah mengharapkan komen dan srannya serta jhoin this site

Selasa, 04 Oktober 2011

SEJARAH SINGKAT SMPN 1 CINIRU

SEJARAH SINGKAT SEKOLAH SMP NEGERI 1 CINIRU


 
A.    Deskrifsi singkat Sekolah
SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan berdiri pada tahun 1966, mulai beroperasi juga tahun 1966 yang bertempat di desa Cijemit dengan menggunakan tanah milik Desa yang luasnya kira-kira 450 M persegi dibangun untuk ruang kelas 3 lokal dengan menggunakan batu kali, pasir, semen dan kapur dengan ukuran tiap ruang 8 X 8 m. Sekolah ini terletak di desa Cijemit Rt. 01/01 Dusun Citim, dengan jarak 1 km dari ibu kota kecamatan Ciniru. Namun demikian letak yang tidak terlalu jauh dari ibu kota kecamatan tepatnya di daerah perbatasan antara desa ciniru dengan Desa Cijemit yang terhalang oleh kali cipedak.
Pencetus dan pendiri  SMP Negeri 1 Ciniru yaitu para sesepuh, tokoh-tokoh masyarakat dan para pamong desa cijemit dan Ciniru, di antaranya yang dari desa Cijemit adalah Bpk Markis Wiradinata (alm), Bpk Prawiradinata (alm) (kuwu Desa Cijemit) Bpk Ahdali alm, dan Bpk Murad Sumadinata Alm, Bpk Warman Alm, Bpk Wahid  serta yang lainnya yang belum diketahui penulis. Sedangkan yang dari Ciniru diantaranya adalah Bpk Jamur (alm) dan Para pamong Desa Ciniru di tahun 1966. Kepala Sekolahnya Bpk U. Cibu, Guru-gurunya antara lain: Bpk D. Tardjo, Bpk Karisan Martawinata, Bpk Sajid, Ibu Engkan dan Bpk MK Setiadi. 
Status sekolah pada saat itu SMP Filial kepada SMP Negeri Subang sehingga segala sesuatu bentuk kegaitannyapun diatur berdasarkan program SMP Negeri Subang diantara pelaksanaan ujian-ujian sekolah.
Keadaan siswanya berasal dari berbagai desa yang ada di kecamatan Ciniru ketika itu  kalau tidak salah ada 24 desa, termasuk saat itu yang sekarang menjadi kecamatan Selajambe dan Hantara pada tahun 60an masih  termasuk kecamatan Ciniru. Tetapi di tahun 70an ada pemekaran Kecamatan Salajambe serta tahun 80an terjadi lagi pemekaran kecamatan ciniru terbagi lagi menjadi kecamatan hantara sampai sekarang. Selama 15 tahun SMP Ciniru menjadi sekolah pilial ke SMPN Subang, tepatnya bulan juni tahun1981 SMP Ciniru menjadi SMP Negeri Ciniru yang kepala Sekolahnya yaitu Bpk Djuhari BA.
Animo masyarakat ketika itu sangat tinggi sekali untuk melanjutkan sekolah ke SMP walaupun jarak antara tempat tinggal ke sekolah sekitar 6 km dengan menuju sekolahpun berjalan kaki karena saat itu belum ada kendaraan angkutan umum seperti desa Tundagan, Bunigeulis, Cikondang, dan siswa yang ada di sekitar yang sekarang Kecamatan Hantara, sedangkan yang dari Ciberung dn Cantilan itu di karantina atau Kost di Desa Cijemit.
Guru-Guru yang mengajarnya pun berasal dari berbagai daerah yang pada umumnya lulusan SGB serta memanpaatkan tenaga yang berkompeten yang ada di sekitar Desa Cijemit.
Perkembangannya sangat pesat sekali yang semula tiap kelas itu satu rombel dari tahun ke tahun selalu bertambah sehingga sampai sekarang mencapai 5 rombel tiap tingkatan apalagi ada peraturan pemerintah atau program pemerintah WAJAR DIKDAS 9 tahun. Walaupun Kecamatan Ciniru terjadi pemekaran Kecamatan malah telah berdiri SMP Negeri 2 Ciniru yang terletak di Desa Cipedes dan Mts Dharma Wanita di Ciniru, tetapi SMP Negeri 1 Ciniru tidak kawatir dengan adanya SMP dan Mts tersebut karena SMP Negeri 1 Ciniru merupakan Sekolah pionir yang telah terpercaya kualitasnya. Luasnyapun semakin bertambah karena da hiabah dari masyarakat dan dari Desa seluas 6780 M persegi.
Prestasi siswa di SMP Negeri 1 Ciniru juga tidak diragukan, walapun jauh dari ibu kota kabupaten Kuningan yang dari tempat tinggal ke Sekolah bervariasi yang kurang lebih dari 3 km itu mayoritas pejalan kaki sedangkan yang lebih dari 3 km ada yang menggunakan mobil umum dan ada yang menggunakan kendaran motor pribadi, yang menggunakan kendaran motor sebanya 45 siswa dari berbagai Desa, namun prestasi dalam kegiatan lomba-lomba baik tingkat Kecamatan maupun tingkat kabupaten malah bidang atletik pernah sampai tingkat propinsi dan nasional. Status sekolahpun tidak diragukan lagi karena sudah terakreditasi dengan meraih nilai B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu comentnya..khusus buat para alumni dan buat semuanya